Monday, 17 Jun 2024

UNUGHA Cilacap Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Swasta Akademik dengan Indeks Pelaksanaan MBKM Terbaik

Indeks Pelaksanaan MBKM Terbaik

Cilacap, 20 Desember 2023 – Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap kembali menorehkan prestasi gemilang di akhir tahun 2023. UNUGHA Cilacap berhasil meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta Akademik dengan Indeks Pelaksanaan MBKM Terbaik dalam kegiatan ANUGERAH LLDIKTI WILAYAH VI TAHUN 2023: WUJUD APRESIASI BAGI PTS TERBAIK SE-JAWA TENGAH yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah pada hari Selasa, 19 Desember 2023 di Semarang.

Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen UNUGHA Cilacap dalam mendukung program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. Program MBKM bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Melalui program MBKM, UNUGHA Cilacap memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk:

  • Mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama;
  • Mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda;
  • Mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda;
  • Melakukan pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) UNUGHA Cilacap, Khulaimata Zalfa, M.Pd., menjelaskan bahwa UNUGHA Cilacap tidak hanya menyelenggarakan program MBKM dari pemerintah, tetapi juga menjalankan program BKP secara mandiri.

“Meskipun demikian, banyak mahasiswa yang antusias mengikuti program MBKM dari pemerintah karena mereka dapat bertemu dengan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Khulaimata Zalfa.

Pada tahun 2023, UNUGHA Cilacap menyelenggarakan 6 Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM, yaitu:

  1. Asistensi Mengajar
  2. Magang
  3. Pertukaran Belajar
  4. Penelitian
  5. Kewirausahaan
  6. Studi Independen

UNUGHA Cilacap juga aktif dalam program pertukaran mahasiswa MBKM di tahun 2023. Para mahasiswa UNUGHA Cilacap berkesempatan untuk mengikuti program ini di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sorong, Makasar, Aceh, Padang, dan lain sebagainya.

Khulaimata Zalfa mengaku senang dan bersyukur atas penghargaan yang diraih UNUGHA Cilacap dari LLDIKTI Wilayah 6 Jawa Tengah. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi UNUGHA Cilacap untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan program MBKM di tahun mendatang.

“Terima kasih kepada seluruh tim MBKM, mahasiswa, dan segenap civitas akademika UNUGHA Cilacap atas kerjasamanya dalam mensukseskan program MBKM,” ujar Khulaimata Zalfa.

Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa UNUGHA Cilacap terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik bagi mahasiswanya dan mempersiapkan mereka untuk menjadi generasi yang unggul dan siap bersaing di dunia global.

###

Narahubung:

  • Khulaimata Zalfa, M.Pd.
  • Kepala LP3M UNUGHA Cilacap
This article have

0 Comment

Leave a Comment

Leave a Reply