UNUGHA CILACAP BERI BEASISWA KEPADA MUSLIM PATTANI THAILAND

UNUGHA CILACAP BERI BEASISWA KEPADA MUSLIM PATTANI THAILAND

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali atau UNUGHA Cilacap di awal tahun 2020 ini membuat kebijakan yang cukup menggebrak yaitu memberikan beasiswa kepada generasi muda Muslim atau muslimah Pattani Thailand. Kebijakan tersebut diambil mengingat masyarakat Pattani merupakan mayoritas muslim yang memiliki nilai-nilai religiusitas yang sama dengan muslim Indonesia. Kebijakan ini sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan beasiswa pendidikan saja, namun juga disertai dengan biaya kesehatan selama menempuh studi di UNUGHA Cilacap.

“Kita ini sama-sama saudara se iman, jadi sudah selayaknya kita saling tolong menolong dalam hal kebaikan” ujar Rektor UNUGHA Cilacap, KH. Nasrulloh, M.H

Kebijakan pemberian beasiswa ini tidak hanya untuk masyarakat Pattani saja, melainkan juga untuk masyarakat provinsi Yala Thailand. Untuk mensukseskan program tersebut rektor UNUGHA Cilacap beserta rombongan yang terdiri dari wakil rektor bidang 2  UNUGHA Cilacap (Masruri, M.S.I), Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian UNUGHA Cilacap (Misbah Khussurur, M.S.I) serta Kepala Bidang Penelitian UNUGHA Cilacap (Muhammad Ridwan, M.Sos) melakukan kunjungan sekaligus penandatanganan MoU secara langsung dengan 4 lembaga pendidikan di Thailand, yaitu Bakong Pittaya School provinsi Pattani, KIAP provinsi Pattani, Jami’ah Islam Syeikh Daud Al-Fathani (JISDA) Provinsi Yala serta Satri Islam Vitya Mulnity provinsi Yala Thailand.

“dengan MoU ini, kami berharap ada perkembangan dari UNUGHA Cilacap dan dari daerah Yala dan Pattani ini. Sebab, masing-masing punya min plus nya, kalau orang Yala pasti tahu budaya Yala, kalau orang Indonesia pasti tahu budaya Indonesia, ini jika dikolaborasikan dalam pertukaran pelajar akan menjadikan sama-sama berkembang” ujar Rektor UNUGHA Cilacap, KH. Nasrulloh, M.H

Rencananya mahasiswa asal Pattani nanti akan ditempatkan dipesantren-pesantren mitra UNUGHA Cilacap yang berada disekitar kampus UNUGHA Cilacap, seperti pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin, pondok pesantren APIK, pondok pesantren Asasunnajah, pondok pesantren Ainul Huda dan pondok pesantren Al Fiel. Dalam klausul kerjasama tersebut, kedepan mahasiswa UNUGHA Cilacap mempunyai peluang untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN di Pattani dan Yala Thailand. Namun hal tersebut akan ditindak lanjuti dikemudian hari.