Rektor UNUGHA Sambut Al Ghazali Muda di PKKMB 2019
Rektor Unugha Cilacap, KH Nasrullah, M.H
Cilacap
.
Predikat Hujjatul Islam yang disandang oleh Imam Ghazali merupakan bukti bahwa Imam Ghazali merupakan sosok yang  sangat cerdas dan menguasai berbagai macam ilmu pengetahuan. Imam Ghazali juga sangat mencintai ilmu pengetahuan, memiliki daya ingat yang kuat dan bijak ketika berpendapat.
“Maka sesuai dengan namanya mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) wajib meneladani, mencontoh dan berkarakter ke Ghzalian,” ungkap Rektor Unugha KH Nasrullah Badawi ketika membuka acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sabtu (14/9) pagi di halaman Universitas setempat.
Di hadapan 500an mahasiswa baru itu, Kiai yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap ini menjelaskan, mahasiswa baru adalah estafet peradaban dan pembangunan sebuah bangsa, maka semangat untuk terus belajar dan menimba ilmu harus selalu di pupuk terus menerus.
“Seperti semangatnya Imam Ghazali dalam menimba ilmu, mahasiswa dan mahasiswi Unugha juga harus demikian,” tegasnya.
Pengasuh pesantren Al-Ihya Ulumuddin itu juga mengingatkan akan bahaya radikalisme yang jelas-jelas sangat mengancam keutuhan NKRI. Dia mewanti-wanti agar mahasiswa Unugha jangan sampai ada yang terpapar paham tersebut.
“Mahasiswa Unugha harus menjadi benteng penyebaran paham radikal di Kabupaten Cilacap, harus bisa menunjukan sikap toleransi dan menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman di dalam masyarakat,” jelasnya.
Acara yang akan berlangsung selama empat hari itu diisi dengan berbagai macam kegiatan, antara lain seminar dengan berbagai tema dan pembicara serta kegiatan outdoor berupa ziarah ke makam pendiri Unugha, bakti sosial, dan pengenalan ke lingkungan masyarakat kampus sekitar.
Ketua panitia kegiatan, Misbah Khusurur menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengenalan mahasiswa kepada lingkungan sekitar dan mengenal kehidupan masyarakat sekitar.
“Kegiatan outdoor ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mereka (mahasiswa baru) tentang bagaimana, muamalah, muasyarah, mukhalatah bersama masyarakat, intinya acara ini agar mereka lebih mengenal masyarakat, berbakti kepada masyarakat dengan segala sesuatu yang kita miliki,” jelas Misbah.
Ditambahkan, tahun ini Unugha mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama di bidang sarpras kampus dan jumlah mahasiswa. “Alhamdulillah, tahun ini antusiasme masyarakat terhadap Unugha sangat tinggi, sehingga terjadi peningkatan jumlah mahasiswa baru sekitar 75%,” bebernya.

Peningkatan tersebut menurut Misbah membuktikan bahwa Unugha semakin dipercaya oleh masyarakat, sebagai perguruan tinggi yang berkualitas dan berdedikasi.

Kontributor: Kifayatul Ahyar
Editor: Abdul Muiz