Saturday, 25 May 2024

Juara Utama Penjaringan Kreatif Jateng 2023- Energi dan Rekayasa Teknologi Manufaktur

Steader Oven merupakan teknologi berupa mesin pengukusan dan pengeringan kerupuk. Mesin ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi pengukusan dan pengeringan kerupuk sekaligus menghemat karena satu mesin memiliki dua fungsi. Keunggulan Steader Oven adalah mampu membuat panas didalam ruang oven merata, terdapat monitor untuk memantau kinerja oven, sumber panas tidak menggunakan kompor gas konvensional, suhu dan waktu dapat diatur sesuai kebutuhan.

          Steader Oven hadir sebagai solusi mengatasi produksi menurun saat musim hujan, terbuat dari 4 komponen utama yaitu sistem PID, bahan stainess steel, Fan dan heater. Membantu mengeringkan produk olahan UMKM seperti kerupuk, jagung, padi dan roti. Steader Oven telah diterapkan di Usaha milik bapak Solihin yang merupakan pengusaha kerupuk opak beralamat di Maos, Cilacap. Pada tahun 2019 beliau mengungkapkan bahwa diproyeksikan pernah mengalami kerugian sebesar Rp12.690.000,00. Penyebab kerugian tersebut dikarenakan beliau masih menggunakan sinar matahari untuk proses pengeringan kerupuk. Sehingga disaat hujan produksi kerupuk milik pak solihin terhambat.  Setelah beliau menggunakan steader oven dalam proses pengeringan kerupuk opak. Usaha Oemah Opak berpotensi meraup omzet sebesar Rp19.740.000,00 per bulan

Kerupuk atau krupuk merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.  Data yang dilansir dari berita online (jatim.tribunnews.com) mengatakan bahwa konsumsi kerupuk Indonesia pada tahun 2019 mencapai 200 ton/hari. Variasi kerupuk bermacam-macam ada kerupuk ikan, kerupuk udang, kerupuk opak dan sebagainya. Kebutuhan kerupuk terus meningkat sehingga para pengusaha kerupuk mulai meningkatkan produksinya. Industri kerupuk tersebar di berbagai kabupaten dan kota Indonesia.

Salah satunya pengusaha kerupuk Opak yang bernama “ Oemah Opak” . Oemah Opak yang didirikan oleh Solikhin berlokasi di Cilacap dengan produksi opak per bulan sebanyak 12.000 lembar opak. Proses pembuatan opak dimulai dari pencampuran adonan, pengukusan hingga pengeringan. Oemah Opak saat ini berkerjasama dengan tim kami mulai tahun 2019 tentang peningkatan produksi kerupak yang sebelumnya mengalami kendala. Kendala yang sering dihadapi oleh pengusaha kerupuk  ada 2 yaitu tahap pengukusan dan pengeringan.

Menurut penuturan Solikhin mengatakan bahwa pada proses pengukusan adonan menjadi kerupuk opak membutuhkan wadah yang besar untuk kapasitas hasil yang banyak. Selain itu, kematangan hasil pengukusan opak kadangkala tidak merata. Pada proses pengeringan kerupuk sebagian besar pengusaha kerupuk masih mengandalkan sinar matahari dan membutuhkan lahan yang luas sehingga hasil baik dan buruk sangat dipengaruhi oleh penyinaran matahari. Pernah mitra mengalami kerugian sebanyak 25.000 lembar atau sebesar Rp. 2.000.000,00 karena gagal penyinaran selama 1 minggu. Hal ini berdampak pada penurunan produktivitas dan tingkat kepercayaan konsumen.

Dengan adanya STEADER OVEN ini dapat mengatasi masalah yang sering dihadapi oleh pelaku usaha olahan UMKM seperti kerupuk, roti dan hasil tani. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha UMKM dan memungkinkan menambah lapangan pekerjaan.

Nama:Muhammad Ikhtiarur Rizqi (Mahasiswa Prodi Manajemen)
Alamat:Jalan H. Ma’ruf RT 03 RW 13 Kalisabuk, Kesugihan, Cilacap

SK-KRENOVA-PIM-2023.pdf

×

Another