Peringati Hari HAM, KMPA IGHOPALA Gelar Aksi Damai

Peringati Hari HAM, KMPA IGHOPALA Gelar Aksi Damai

Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Imam Ghazali Pencinta Alam (Ighopala) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (Unugha) Cilacap Jawa Tengah menggelar aksi damai di bundaran air mancur alun-alun Cilacap, Senin (10/12).

Aksi damai ini digelar untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang diperingati setiap tanggal 10 Desember setiap tahunnya.

Aksi tersebut menurut Ajat Gus Hidayat selalu kordinator aksi lapangan (Korlap) juga untuk menggenang kawan merek yang dulu menjadi korban kriminal oleh aparat penegak hukum.

“Hari ini kami juga memperingati momen satu tahun lalu. Teman kami, Nur Lambang, juga menjadi korban kriminal karena kepalanya luka dipukul dengan toha oleh aparat penegak hukum,” katanya.

Ajat juga mengkritik penegakan HAM terhadap para pejuang lingkungan, menurut nya penegakan HAM di Indonesia saat ini masih lemah. Realita yang terjadi di lapangan, HAM hanya menjadi retorika. Bahkan hanya menjadi komunitas untuk suatu kekuasaan tanpa ada implementasi yang sungguh-sungguh.

“Faktanya pelanggaran HAM masih sering terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung,” pangkasnya.