Monday, 17 Jun 2024

Pesan Nabi; Hiasilah Rumahmu Dengan Alqur’an

Memiliki rumah mewah tidak menjamin sebuah keluarga tinggal dengan nyaman. Hal ini dikarenakan rumah itu jarang dibacakan Alqur’an. Padahal bacaan Alqur’an dapat mengundang malaikat Rahmah.

Ramadhan telah datang.setiap umat muslim menyambutnya dengan kegembiraan. Karna  rosululoh telah mengatakan “Siapa saja yang merasa senang dan bergembira atas hadirnya Ramadhan  jazadnya akan haram di sentuh api neraka”.

Apalagi di bulan romadon ada hari yang sangat istimewa hari diturunkan ayat suci alquran sebagai mana ayatnya

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Alquran ini adalah kitab yang amat sempurna, amat  sangat istimewa. Mungkin  bisa dibandingkan dengan kitab kitab suci yang lain. Terbukti Alquran berbahasa Arab  namun orang di luar Arab yang tidak bisa berbahasa arab pun mampu menghafal 30 juz di luar kepala.

Yang  paling hebat juga bukan hanya orang dewasa anak kecil pun mampu menghafal 30 juz. Ini merupakan kitab yang amat sangat istimewa yang tidak ada 1 orangpun di dunia ini mampu membuat bandingan.

Oleh karena itu siapapun yang mampu dekat dengan al quran, maka dia akan melihat kemuliaan Alloh swt. Hingga Nabi Muhamad Saw  memerintahkan rumah-rumah umat muslim jangan sepi dari Alquran.  Nabi  Muhamad memberikan pesan kepada kita semuanya.

نَوِّرُوا مَنَازِلَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَقِرَاءَةِ الْقُرْآن

“Hiasilah rumahmu dengan bacaan- bacaan  ayat suci Alquran,

Karenanya apalah artinya kita sering memperingati  peringatan Nuzulul Quran tetapi rumah kita sepi dari bacaan Alqur’an. Jika kita mampu menjadikan rumah kita rumah Al quran, keluarga kita keluarga alquran, maka akan mendapatkan kemuliaan yang luar biasa.

Oleh karena itu mari kita bersama menjadikan Alquran menjadi  sebuah kegiatan rutin yang tidak boleh kita tinggal.  Setiap hari ada waktu khusus bagi kehidupan di rumah kita untuk membaca Al quran. Sebab  rumah yang didalam nya selalu ada bacan Alquran,  malaikat rohmah akan betah tinggal di situ.

Jika  rumah itu disinggahi oleh malaikat Rahmah maka rumah itu akan terasa damai akan terasa indah terasa  sejuk terasa nyaman  bagi kehidupan kita.

Ada sebuah atau cerita ada seorang tukang becak. Dia mampu membangun rumah, rumah itu selalu ada bacaan alquranya. Mereka  gilir dalam membacaanya malam Ahad bapaknya, yang membaca malam senen ibunya,  malam selasa anak yang pertama, sampai anak yang trakhir di urut sedemikian rupa.

Ternyata ketika rumah itu sering untuk membaca Alquran, maka malaikat rohmah akan betah tinggal di situ sekali pun ekonominya pas-pasan. Ekonominya tidak sehebat orang lain tapi karena ada malaikat rohmah tinggal di situ maka keluarga hidup sangat Bahagia.

Sementara ada orang yang rumahnya gedung tingkat bagus, mobilnya bagus, istrinya cantik, duit banyak. Tetapi hidupnya jauh dari kenikmatan. Istrinya tidak taat pada suami, anaknya nakal-nakal sehingga suami pun tidak betah di rumah.

Ini karena jauh dari bacaa n Alqur’an sehingga malaikat Rahmah tidak betah di sana. Yang ada adalah iblis dan syetan. Naudzibillah.

 

(KH Muslisudin Afandi/Atikatul Inayah/Naeli Rokhmah)

Ceramah KH Muhlisudin Afandi di Youtube iGHoTv pada segmen Bincang Inovasi spesial Ramadhan, ditranskip oleh Atikatul Inayah

This article have

0 Comment

Leave a Comment

Leave a Reply